Konsul E-mail klik di bawah ini

Konsultasi Yahoo Massenger

Kapan Perlu Bantuan Psikolog

Diposting oleh psikologbkd Kamis, 06 Agustus 2009

apa saja yang sitngani psikolog, beda dg psikiater, saat memerlukan psikolog

Kebanyakan orang berfikir bila datang ke psikolog untuk orang yang gangguan jiwa. Psikolog sebenarnya tidak mengobati gangguan jiwa tetapi mencegah dan rehabilitasi paska ganguan jiwa. Psikolog berperan luas dalam penangan tidak hanya klinis gangguan jiwa tapi juga keluarga, organisasi potensi dan masih banyak lagi.

  Setiap orang pasti punya masalah hanyaUkuran berat tidaknya masalah setiap orang pasti berbeda dan kemampuan untuk mengatasi masalah berbeda-beda. Ketika hati sudah mengatakan butuh pertolongan ahli atau sekadar teman bercerita tentang kisah-kisah yang mengganjal, tapi tak bisa dibagi dengan lingkungan terdekat, datang ke psikolog merupakan langkah terbaik.

  Tak perlu menunggu punya masalah untuk datang ke psikolog. Konsultasi secara berkala bisa jadi alternatif untuk mencegah timbulnya masalah yang makin rumit di kemudian hari. Jangan tunggu masalah kian besar. Kalau sudah merasa tak mampu dan butuh bantuan sebaiknya langsung ke psikolog

Psikolog dan psikiater
Jadi, sebenarnya kapan kita butuh bantuan psikolog? Sebaiknya mendatangi psikolog atau psikiater? Dua pertanyaan itu sering dilontarkan masyarakat awam. Sebagai gambaran, dua profesi itu sama-sama menangani masalah kejiwaan. Namun, seorang psikolog jelas berbeda dengan psikiater, baik dilihat dari latar belakang pendidikan maupun masalah yang ditangani.
Psikiater merupakan profesi yang berasal dari pendidikan kedokteran. Karena itu, masalah yang ditangani biasanya berkaitan dengan gangguan mental.Psikiater berhak memberi terapi farmakoterapi (obat).
Psikolog merupakan profesi dari pendidikan psikologi yang menangani masalah gangguan emosional. Psikolog tidak berhak memberi obat, penanganannya dengan dengan terapi psikologi (konseling,psikoterapi, hypnoterapi)

 Untuk membedakan kapan harus pergi ke psikolog atau psikiater, kita harus melihat indikasi masalah. Jika kita masih sadar kalau punya masalah dan punya keinginan menyelesaikan, kita datang ke psikolog. Namun ada orang yang menderita gangguan mental dan mungkin tak sadar dia bermasalah, nah, yang ini harus ditangani psikiater.

Karena itu, jika hati sudah bulat membutuhkan pertolongan psikolog, carilah yang memiliki spesifikasi sesuai permasalahan yang dihadapi dan jangan lupa memastikan izin praktiknya


  Badan Kepegawaian Daerah Kab Wonogiri telah memiliki Psikolog yang memiliki izin praktek dan layanan tidak dipungut biaya bagi pegawai. Kenapa tidak kita manfaatkan?

0 komentar

Posting Komentar